Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik terhadap perencanaan karir siswa kelas XI SMAS Plus Permata Insani Islamic School. Desain penelitian ini ialah kuasi eksperimen, populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI SMAS Plus Permata Insani Islamic School yang terdiri dari kelas XI KMP 1A, XI KMP 1B, XI KMP 2A, dan XI KMP 2B dengan total jumlah siswa yaitu 137 orang. Hasil setelah melaksanakan pre-test memperlihatkan hasil dari jumlah 137 siswa, terdapat 14 siswa termasuk pada kategori rendah, 85 siswa termasuk pada kategori sedang, dan 38 siswa termasuk pada kategori tinggi. Pemberian treatment (perlakuan) dilakukan kepada siswa yang menjadi sampel pada penelitian ini yang termasuk pada kategori rendah terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing aggota kelompok berjumlah 6 siswa. Metode analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji N-Gain score dan uji Uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil data uji Mann-Whitney U didapatkan didapatkan hasil nilai Asymp.sig (2-tailed) yaitu 0,04. Berdasarkan pada pengambilan keputusan hipotesis, nilai 0,04 lebih rendah dibandingkan nilai 0,05 maka didapatkan kesimpulan bahwa hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik berpengaruh pada perencanaan karir siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025