K-pop fans in Indonesia are actively involved in various interactions through social media, including Twitter. These communication activities allow fans to seek information about their idols and connect with other fan communities, thus encouraging the formation of virtual communities such as the @enginafess community. The @enginafess community is a place for ENHYPEN fans (ENGENE) from Indonesia to share information and discuss fandom activities. Every communication activity in this community is governed by various norms that determine the communication behavior of the fan group. The purpose of this study is to describe the group communication behavior of ENHYPEN fans in the virtual community through the @enginafess account. The concepts that support this research are group communication and virtual community. This research was conducted using a qualitative approach and a case study method. The results show that fans' involvement in virtual communities is to express support for idols and fellow fans. They feel an expansion of the network with the addition of new relationships. The virtual community's auto base system will divide followers into two different groups based on roles, namely as information givers and information receivers. However, the text-based characteristics of Twitter can lead to misperceptions and fans' concerns about sharp criticism, so norms are needed to regulate fans' behavior. Penggemar K-Pop di Indonesia terlibat aktif dalam berbagai interaksi melalui media sosial, termasuk Twitter. Aktivitas komunikasi ini memungkinkan penggemar untuk mencari informasi mengenai idola mereka dan terhubung dengan komunitas penggemar lainnya sehingga mendorong terbentuknya komunitas virtual seperti komunitas @enginafess. Komunitas @enginafess adalah wadah bagi penggemar ENHYPEN (ENGENE) asal Indonesia untuk berbagi informasi dan berdiskusi terkait aktivitas fandom. Setiap aktivitas komunikasi dalam komunitas ini diatur oleh berbagai norma yang menentukan perilaku komunikasi kelompok penggemar di dalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku komunikasi kelompok yang dilakukan penggemar ENHYPEN dalam komunitas virtual melalui akun @enginafess. Konsep yang mendukung penelitian ini adalah konsep komunikasi kelompok dan komunitas virtual. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan penggemar dalam komunitas virtual adalah untuk mengekspresikan dukungan terhadap idola dan sesama penggemar. Penggemar merasakan adanya perluasan jaringan dengan bertambahnya relasi baru. Sistem autobase yang dimiliki komunitas virtual akan membagi pengikut ke dalam dua kelompok berbeda berdasarkan peran, yaitu sebagai pemberi informasi dan penerima informasi. Namun, karakteristik Twitter yang berbasis teks dapat menimbulkan kesalahan persepsi dan kekhawatiran penggemar terhadap kritik tajam sehingga diperlukan norma untuk mengatur penggemar dalam berperilaku.
Copyrights © 2025