KERNEL: Jurnal Riset Inovasi Bidang Informatika dan Pendidikan Informatika
Vol 5, No 2 (2024)

Rancang Bangun Sistem Penjualan Minyak Jelantah Berbasis Web Menggunakan Model Prototype

Wiyoko, Vincentius Vernando (Unknown)
Rozi, Nanang Fakhrur (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Toko Jelantah Balap merupakan usaha yang bergerak di bidang penjualan minyak jelantah. Sistem penjualan toko Jelantah Balap masih bersifat konvensional. Pelanggan harus mendatangi toko Jelantah Balap untuk dapat melakukan pembelian. Penyimpanan data penjualan juga masih dilakukan dengan cara mencatat di buku. Meningkatnya penggunaan internet telah mendorong kebutuhan akan layanan online yang melampaui kemampuan tradisional, khususnya dalam perdagangan elektronik (e-commerce) yang mengalihkan dari transaksi tatap muka manual ke platform online. Salah satu cara agar minyak jelantah dapat mudah dibeli oleh masyarakat adalah dengan cara melakukan penjualan minyak jelantah secara online berbasis web yang dirancang menggunakan model prototype dalam pengembangan perangkat lunaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem penjualan jelantah berbasis web. Pengembangan  menggunakan model prototipe merupakan respons terhadap pergeseran ini, yang bertujuan untuk menciptakan sistem yang efisien dan mudah digunakan. Dalam model prototype yang digunakan terdapat tiga tahap, yaitu mendengarkan permintaan pelanggan, membangun/memperbaiki prototipe, dan pelanggan melakukan uji coba prototipe. Setelah sistem dihasilkan, dilakukan pengukuran kualitas sistem dengan mengukur kriteria functionality dan usability. Hasil penilaian dari 34 responden menyatakan bahwa nilai kriteria functionality sebesar 89,71% dan kriteria usability sebesar 89,27%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kernel

Publisher

Subject

Computer Science & IT Other

Description

1. Teknologi Informasi 2. Rekayasa Perangkat Lunak: a. Rekayasa Kebutuhan b. Pengembangan Game dan Realitas Virtual c. Management Proyek Perangkat Lunak d. User Interface / User Experience 3. Jaringan Komputer: a. Sekuritas Jaringan b. Internet Of Things c. Wireless Network d. Cloud Computing e. ...