TarbiyahMU
Vol. 5 No. 1 (2025): TarbiyahMu

Pendidik Dalam Prespektif Pendidikan Islam Peran Guru Menurut Kitab Ta'lim Mu'ta Alim di Yayasan Miftahul Hidayah Sukaresmi Garut

Fauziyah, Lilis (Unknown)
Nasihin, Deden (Unknown)
Saepulloh, Irfan (Unknown)
Zuhri, M. Tajudin (Unknown)
Munawaroh, Nenden (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran pendidik dalam perspektif pendidikan Islam, khususnya peran guru menurut kitab Ta'lim al-Muta'allim karya Imam Az-Zarnuji di Yayasan Miftahul Hidayah Sukaresmi Garut. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengidentifikasi peran pendidik sebagai pengajar, pembimbing, dan pembina akhlak, yang sangat penting dalam menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga beradab dan bermoral. Implementasi prinsip-prinsip pendidikan yang diajarkan dalam Ta'lim al-Muta'allim terlihat dalam kegiatan sehari-hari pendidik di yayasan ini, yang mengutamakan nilai-nilai keikhlasan, kesabaran, dan keteladanan. Meskipun para pendidik dihadapkan pada tantangan keterbatasan sumber daya dan kesejahteraan, mereka tetap berkomitmen untuk menjalankan tugas mereka dengan penuh pengabdian, sesuai dengan ajaran Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang diterapkan di yayasan ini sangat relevan dengan prinsip-prinsip pendidikan Islam yang mengutamakan pengembangan intelektual dan moral siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

TarbiyahMU

Publisher

Subject

Religion Humanities Other

Description

TarbiyahMu merupakan jurnal ilmiah yang berkomitmen untuk memajukan pengetahuan dan praktik di bidang pendidikan melalui publikasi penelitian yang berkualitas. Jurnal ini berfokus pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian di bidang pendidikan, pendidikan anak usia dini, budaya Islam, dan ...