Minat baca anak di Indonesia sangat rendah, hanya 0,001% dari populasi menunjukkan minat baca rendah yang signifikan, dapat mengakibatkan generasi yang kurang terdidik dan tidak siap menghadapi tantangan di masa depan. Tujuan penelitian untuk menganalisis strategi guru dalam meningkatkan minat baca buku cerita bergambar pada anak usia dini menggunakan metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan minat anak membaca buku cerita bergambar melibatkan kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan komunitas, mengadakan proyek baca bersama, kursus parenting literasi, dan kunjungan ke perpustakaan, tekhnik mendongeng yang menarik, menciptakan area bacaan yang menarik dan melibatkan orang tua dalam kegiatan literasi dapat memperkuat pengalaman membaca. Penelitian ini diharapkan dapat membantu mengembangkan minat anak dalam hal membaca buku cerita bergambar sejak dini di Indonesia. Implikasi teoritis bahwa buku cerita bergambar dapat digunakan untuk mendukung metode pembelajaran yang bermanfaat
Copyrights © 2025