Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal)
Vol. 10 No. 1 (2024): JUNE 2024

Evaluasi Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di SD Dwikora Medan

Hasanah, Iswatun (Unknown)
Junita, Evi (Unknown)
Angraini, Heni (Unknown)
Sibarani, Herlin Aryani (Unknown)
Nababan, Irma Nurmalita (Unknown)
Manjani, Nurhudayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan evaluasi pembelajaran Kurikulum Merdeka di Yayasan Pendidikan Islam Dwikora Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan fokus pada proses pelaksanaan evaluasi pembelajaran oleh para guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran Kurikulum Merdeka, para guru menggunakan pendekatan yang beragam dan menerapkan metode evaluasi yang sesuai dengan karakteristik siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan evaluasi pembelajaran Kurikulum Merdeka di Yayasan Pendidikan Islam Dwikora Medan telah dilakukan secara beragam dan sesuai dengan kebutuhan siswa, namun masih memerlukan perbaikan dalam beberapa aspek untuk meningkatkan efektivitasnya. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami implementasi Kurikulum Merdeka di lingkungan pendidikan Islam dan memberikan dasar untuk perbaikan dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran guna meningkatkan kualitas pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Dwikora Medan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pihak terkait dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di institusi pendidikan yang bersangkutan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PAEDAGOGI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) current issues and issues about study of educational science, development of learning models, digital technologies in education, innovative learning environments, adaptive learning, gamified leaning, and results of research in the field of ...