Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dari Media Komik Berbasis Metode Copy The Master untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 067093 Medan Helvetia dalam keterampilan menulis narasi. Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan masalah yaitu, rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karena guru hanya menggunakan buku bacaan saat proses pembelajaran dan belum pernah memanfaatkan media komik sebagai alternatif untuk mengajarkan keterampilan menulis karangan narasi. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil analisis menandakan bahwa media produk ini telah divalidasi oleh ahli desain media dan materi. Validasi desain media memperoleh persentase 95% dengan kategori sangat layak dan 69,1% dengan kategori layak dari validasi materi. Hasil kepraktisan mendapatkan persentase 91,6% dengan kategori sangat praktis dan keefektifan mendapatkan ketuntasan hasil tes 77,2% dengan kualifikasi baik. Dengan demikian, Media Komik Berbasis Metode Copy the Master yang dihasilkan dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan menjadi perangkat pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan menulis narasi.
Copyrights © 2024