Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal)
Vol. 10 No. 2 (2024): DECEMBER 2024

Pelaksanaan Asesmen untuk Mengukur Pemahaman Siswa Kelas V SD dalam Pembelajaran IPA DI SDN 164037 Medan Tembung

Amelia, Fenny Rizky (Unknown)
Bakti, Miftahul Aisyiyah (Unknown)
Marbun, Melina (Unknown)
Manik, Nelly Trioctavia (Unknown)
Sihaloho, Samuel Hotasi (Unknown)
Ritonga, Dio Ripki Awli (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan penilaian pembelajaran IPA di kelas V SDN 164037 Kota Medan, dengan fokus pada kendala yang dihadapi guru dan strategi yang digunakan untuk mengatasinya. Melalui wawancara dengan guru kelas V, ditemukan bahwa pembelajaran praktik sukar diterapkan akibat kekurangan fasilitas. Guru menyusun rencana penilaian yang mencakup penilaian sikap, psikomotorik, dan diskusi kelompok, meskipun pelaksanaan penilaian diagnostik dan formatif masih terbatas. Selain itu, pelaksanaan penilaian sumatif dilakukan di akhir semester. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pengembangan metode penilaian yang lebih baik dalam pembelajaran IPA di SD, serta mendorong peningkatan sarana dan prasarana pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PAEDAGOGI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) current issues and issues about study of educational science, development of learning models, digital technologies in education, innovative learning environments, adaptive learning, gamified leaning, and results of research in the field of ...