Periklanan merupakan alat promosi yang efektif sebagai sumber informasi, hiburan, dan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen periklanan di Radio Fresh 94.3 FM Pekanbaru menggunakan teori AIDA. Periklanan radio memiliki karakteristik lokal yang memungkinkan perusahaan lokal untuk memanfaatkannya dalam mempromosikan produk mereka. Proses memperoleh iklan di Radio Fresh 94.3 FM dilakukan melalui pemasaran aktif yang mencari klien atau melalui klien yang datang langsung ke stasiun radio. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Subjek penelitian terdiri dari satu manajer, dua penyiar, satu staf pemasaran, dan satu staf teknis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen periklanan di Radio Fresh 94.3 FM meliputi tahap-tahap berikut: perencanaan periklanan, penyusunan program periklanan, produksi, implementasi, dan pengendalian periklanan. Faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam manajemen periklanan adalah memastikan bahwa produksi periklanan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, yaitu stasiun radio dan klien.
Copyrights © 2024