Journal of Communication Management and Organization
Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Communication Management and Organization

Strategi Manajemen Periklanan di Radio Fresh Pekanbaru

Juliarti, Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Periklanan merupakan alat promosi yang efektif sebagai sumber informasi, hiburan, dan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen periklanan di Radio Fresh 94.3 FM Pekanbaru menggunakan teori AIDA. Periklanan radio memiliki karakteristik lokal yang memungkinkan perusahaan lokal untuk memanfaatkannya dalam mempromosikan produk mereka. Proses memperoleh iklan di Radio Fresh 94.3 FM dilakukan melalui pemasaran aktif yang mencari klien atau melalui klien yang datang langsung ke stasiun radio. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Subjek penelitian terdiri dari satu manajer, dua penyiar, satu staf pemasaran, dan satu staf teknis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen periklanan di Radio Fresh 94.3 FM meliputi tahap-tahap berikut: perencanaan periklanan, penyusunan program periklanan, produksi, implementasi, dan pengendalian periklanan. Faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam manajemen periklanan adalah memastikan bahwa produksi periklanan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, yaitu stasiun radio dan klien.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JCMO

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The Journal of Communication Management and Organization (JCMO) is published by Riauan Consulting and Communication. JCMO is a journal for research-oriented communication managers and professionals to develop or challenge practice in organization. JCMO share knowledge for those who study ...