Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi yang diterapkan oleh PT. JNE Pekanbaru dalam upaya mempertahankan loyalitas pelanggan di sektor kargo. Penelitian ini mengidentifikasi berbagai metode promosi yang digunakan, serta hambatan yang dihadapi dalam implementasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara langsung dengan tiga informan yang terdiri dari HRD, manajemen pemasaran, dan seorang karyawan PT. JNE Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi PT. JNE Pekanbaru meliputi empat unsur utama, yaitu periklanan, penjualan langsung, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat. Meskipun strategi-strategi ini telah diterapkan secara efektif, terdapat hambatan dalam implementasi promosi penjualan akibat kurangnya informasi mendalam tentang promosi, mengingat JNE lebih fokus pada layanan logistik dan pengiriman barang. Studi ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi PT. JNE Pekanbaru untuk mempertahankan dan meningkatkan efektivitas strategi promosi mereka.
Copyrights © 2024