Penelitian ini berfokus pada evaluasi dan analisis yang komprehensif terhadap Program Studi Ilmu Sejarah di Universitas Jambi untuk memahami tantangan dan peluang yang dihadapi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Responden dalam penelitian ini mencakup tenaga pendidik, mahasiswa, dan pihak lain yang terlibat dalam pengembangan program studi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi di lokasi penelitian, dan dokumentasi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis dengan matriks SWOT untuk merumuskan strategi pengembangan program studi guna meningkatkan kualitas pendidikan dan daya tarik bagi calon mahasiswa. Adapun hasil analisis matriks SWOT penelitian ini adalah yang pertama adalah Strengths-Opportunities (S-O), memaksimalkan kerja sama dengan stakeholder terkait demi meningkatkan mutu dosen dan mahasiswa, memaksimalkan kegunaan fasilitas penunjang sepenuhnya untuk kebutuhan penelitian dan inovasi dosen dan mahasiswa, selanjutnya memperbanyak kegiatan workshop, seminar dan kegiatan lainnya dalam sekala nasional, dan internasional, tata kelola administrasi yang akun tabel dan transparan, penyesuaian kurikulum dan peningkatan dalam hal pendanaan. Kedua strategi Strength-Threat (S-T) membangun kerja sama untuk lulusan program studi, memaksimalkan penggunaan fasilitas, dan menyadarkan Masyarakat akan pentingnya belajar Sejarah. Yang ke tiga adalah Weakness-Opportunities (W-O), perbaikan pada sistem penghargaan dan hukuman, meningkatkan kerja sama, membuka peluang kepada semua mahasiswa dan dosen untuk terlibat pada kegiatan pengembangan akademik dan profesi, memaksimalkan kegunaan fasilitas untuk keperluan program studi, dan peningkatan sarana prasarana. Ke-empat Weakness-Threats (W-T), membuka jalan kemudahan untuk karier mahasiswa, tenaga kependidikan dan dosen, pelatihan penulisan Sejarah dan memahami aksara melayu kuno. kerja sama dengan BPCB, Perpustakaan dan Arsip, dan mengadakan kegiatan pameran Sejarah. Serta mendorong mahasiswa dan dosen untuk mengikuti kompetisi-kompetisi tentang sejarah.
Copyrights © 2024