Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan akhlak melalui metode pembiasaan berkata baik pada anak usia dini di Taska Aspirasi Intelek Shah Alam, Malaysia. Berbeda dari penelitian sebelumnya yang lebih menekankan pendidikan akhlak secara umum, penelitian ini berfokus pada efektivitas metode pembiasaan berkata baik dalam membentuk karakter anak usia dini dalam konteks pendidikan di Malaysia. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan metode observasi langsung dan wawancara kepada pendidik serta orang tua guna memperoleh pemahaman mendalam tentang penerapan metode ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan berkata baik secara konsisten dapat meningkatkan perilaku positif anak, seperti sopan santun, empati, dan keterampilan komunikasi yang baik. Anak-anak di Taska Aspirasi Intelek secara aktif dilatih dalam berbagai kebiasaan positif, seperti menghargai teman, menggunakan kata-kata sopan ("maaf," "tolong," "terima kasih"), berbagi mainan dan makanan, serta melaksanakan doa bersama sebelum dan sesudah kegiatan. Keberhasilan metode ini didukung oleh peran guru sebagai teladan, kolaborasi antara sekolah dan orang tua, serta sistem reward dan sanksi yang diterapkan secara proporsional. Kebaruan penelitian ini terletak pada analisis mendalam terhadap faktor-faktor yang mendukung efektivitas metode pembiasaan berkata baik di lingkungan pendidikan anak usia dini, khususnya di Malaysia.
Copyrights © 2025