Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Vol 9, No 2 (2025): Journal of S.P.O.R.T

Pendekatan permainan edukatif dalam upaya peningkatan motivasi siswa pada pembelajaran PJOK

Sukmana, Riyan (Unknown)
Permadi, Asep Angga (Unknown)
Sonjaya, Azhar Ramadhana (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan guna menguji efektivitas pendekatan permainan edukatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PJOK. Metode yang diterapkan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimen tipe one group pretest-posttest, melibatkan 25 siswa kelas VIII-B SMPN 1 Sucinaraja. Instrumen berupa angket motivasi dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil studi mengindikasikan peningkatan skor rata-rata dari 73,32 pada pretest menjadi 82,12 pada posttest, dengan persentase kenaikan sebesar 12,01%. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai t-hitung sebesar 9,859 dengan signifikansi 0,000, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Kesimpulan dari studi ini adalah bahwa pendekatan permainan edukatif efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, baik dari aspek intrinsik maupun ekstrinsik, serta dapat menghadirkan suasana pembelajaran yang positif dan partisipatif.Kata Kunci: motivasi intrinsik ekstrinsik permainan edukatif, motivasi belajar, PJOKAbstrakThis study aimed to examine the effectiveness of the educational games approach in increasing students' learning motivation in physical education (PJOK). A quantitative method with a pre-experimental one-group pretest-posttest design was used, involving 25 eighth-grade students from SMPN 1 Sucinaraja. The instrument used was a motivation questionnaire, analyzed using descriptive and inferential statistics. The results showed an increase in the average score from 73.32 (pretest) to 82.12 (posttest), with a percentage gain of 12.01%. The paired sample t-test produced a t-value of 9.859 with a significance level of 0.000, indicating a significant difference before and after the treatment. The study concludes that the educational games approach is effective in enhancing students’ motivation to learn, both intrinsically and extrinsically. Moreover, it contributes to creating a positive, enjoyable, and participatory learning environment in PJOK classesKeyword: intrinsic extrinsic motivation, educational games, learning motivation, physical education

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sport

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Artikel yang diterbitkan pada Journal of S.P.O.R.T melingkupi berbagai macam penelitian yang bertema olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga rekreasi. Olahraga pendidikan melingkupi : Model pembelajaran penjas, metode pembelajaran penjas, dan yang berkaitan dengan olahraga pada tingkat ...