Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan e-book variasi pembelajaran passing sepak bola dengan metode drill untuk siswa kelas VII MTsN 2 Malang. Latar belakang pengembangan ini didasarkan pada rendahnya kemampuan passing siswa, sehingga diperlukan variasi pembelajaran yang menarik sesuai analisis kebutuhan yang telah dilakukan. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development (RD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas VII MTsN 2 Malang, yang terdiri dari 12 siswa dan 18 siswi. Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif yang dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Validasi terhadap produk pengembangan dilakukan oleh 3 validator, yaitu ahli media dengan hasil sebesar 93% sangat valid, ahli pembelajaran dengan hasil sebesar 92% sangat valid, dan ahli sepak bola dengan hasil sebesar 91% sangat valid. Selanjutnya, uji coba produk dilakukan kepada siswa dan memperoleh hasil sebesar 89% sangat valid. Dari hasil analisis data, produk pengembangan e-book variasi pembelajaran passing sepak bola dengan metode drill dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk diterapkan sebagai bahan pembelajaran dalam pelajaran Penjasorkes materi sepak bola.Kata Kunci: Pasing Sepak Bola, Metode Drill, E-book.
Copyrights © 2025