Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 2 (2025): Volume 10 Nomor2, Juni 2025

IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV DI SDN 03 BENGKAYANG

yudiman (Unknown)
Siprianus Jewarut (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SDN 03 Bengkayang. Saran yang diharapkan oleh peneliti, guru diharapkan mampu meningkatkan kerjasama antar sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antar guru kelas, dalam mencari solusi pemecahan masalah yang ada di sekolah, kerjasama untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV khususnya di SDN 03 Bengkayang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Dalam penelitian ini terdapat hasil tes belajar siswa secara keseluruhan, jumlah nilai 2695, rata-rata 81,67%, jumlah siswa yang memperoleh nilai KKM sebanyak 33 siswa, ketuntasan klasikal 100%. Simpulan berdasarkan data yang diperoleh melalui instrumen pengumpulan data Pre-Test, Observasi, dan Tes, dalam penelitian ini secara keseluruhan menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah di SDN 03 Bengkayang, telah mencapai target seperti yang diharapkan dalam penelitian ini, yang menyatakan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik IPA telah mencapai KKM sebesar 81,67% seperti yang diharapkan oleh peneliti. maka penelitian ini dinyatakan berhasil, dan penelitian dinyatakan tuntas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...