Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SDN 03 Bengkayang. Saran yang diharapkan oleh peneliti, guru diharapkan mampu meningkatkan kerjasama antar sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antar guru kelas, dalam mencari solusi pemecahan masalah yang ada di sekolah, kerjasama untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV khususnya di SDN 03 Bengkayang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Dalam penelitian ini terdapat hasil tes belajar siswa secara keseluruhan, jumlah nilai 2695, rata-rata 81,67%, jumlah siswa yang memperoleh nilai KKM sebanyak 33 siswa, ketuntasan klasikal 100%. Simpulan berdasarkan data yang diperoleh melalui instrumen pengumpulan data Pre-Test, Observasi, dan Tes, dalam penelitian ini secara keseluruhan menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah di SDN 03 Bengkayang, telah mencapai target seperti yang diharapkan dalam penelitian ini, yang menyatakan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik IPA telah mencapai KKM sebesar 81,67% seperti yang diharapkan oleh peneliti. maka penelitian ini dinyatakan berhasil, dan penelitian dinyatakan tuntas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025