Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

Pengaruh Penggunaan Artificial Intelegence (AI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Ismaillia Harahap, Fazira (Unknown)
Richo Adjie Santana (Unknown)
Anggi Agnes Derma Yani (Unknown)
Dwi Ananda (Unknown)
Eka Bella (Unknown)
Nadra Amalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2025

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan dampak signifikan terhadap dunia pendidikan. Maraknya kecerdasan buatan atau Artificial Intelegence (AI) membuat mahasiswa terlena akan kecanggihan teknologi yang ada. Untuk itu artikel ini membahas mengenai ketergantungan penggunaan Artificial Intelegence (AI) pada tugas perkuliahan mahasiswa serta pengaruh penggunaan Artificial Intelegence (AI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Tujuan penelitian ini adalah mengukur ketergantungan mahasiswa pada AI dalam tugas perkuliahan, serta dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa dan juga untuk melihat frekuensi penggunaan Artificial Intelegence (AI). Metode penelitian yang digunakn adalah metode deskriptif kuantitaif, dengan menggunakan bantuan kuisioner media google form kemudian menyebarkannya kepada mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah mayoritas mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia menggunakan AI untuk mengerjakan tugas perkuliahan serta untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa. Dalam hal ketergantungan, hanya sebagian kecil mayortitas mahasiswa yang merasa ketergantungan terhadap penggunaan AI ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...