Studi ini bertujuan mengkaji dampak media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) terhadap pemahaman konsep dan minat membaca siswa kelas 5 SD. Rendahnya pemahaman konsep dan minat membaca siswa yang masih menjadi tantangan dalam proses pembelajaran di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menerapkan metode quasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen yang menggunakan media AR dan kelas kontrol yang menggunakan media konvensional. Dalam penelitian ini melibatkan responden 30 orang siswa kelas 5 sekolah dasar. Instrumen yang digunakan meliputi tes pemahaman konsep dan angket minat membaca. Data dikumpulkan dengan cara langsung turun kelapangan dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran berbasis AR mampu membuat pembelajaran lebih interaktif, sehingga siswa lebih mudah memahami materi, AR juga memberikan pengaruh positif yang cukup signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep serta minat membaca siswa. Media Augmented Reality mampu menyajikan materi secara visual dan interaktif sehingga mendorong siswa agar lebih tertarik dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media berbasis Augmented Reality direkomendasikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran di sekolah dasar untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih optimal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025