Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERNALAR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V MELALUI MODEL INQUIRY LEARNING BERBASIS MEDIA EDUCAPLAY PADA MATA PELAJARAN IPAS

Mulyani (Unknown)
Badarudin (Unknown)
Indar Purbatin (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2025

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bernalar kritis peserta didik kelas V SDN 2 Pliken melalui penerapan model pembelajaran Inquiry Learning berbasis media Educaplay pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Latar belakang penelitian ini berangkat dari temuan rendahnya keterampilan peserta didik dalam menyaring informasi, menganalisis data, dan menarik kesimpulan secara logis berdasarkan hasil observasi dan asesmen diagnostik. Melalui dua siklus tindakan kelas, pembelajaran dilakukan dengan sintaks inquiry yang dikombinasikan dengan media interaktif Educaplay untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan bermakna. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan non test yaitu observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Microsoft Excel 2019. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan pada keterampilan bernalar kritis maupun hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan, dari rata-rata 56% pada pertemuan pertama siklus I menjadi 81,2% pada akhir siklus II. Meskipun sempat mengalami penurunan pada awal siklus II (72,4%), hasil belajar tetap berada di atas Kriteria Ketuntasan Minimal dan menunjukkan tren peningkatan. Keterampilan bernalar kritis peserta didik juga mengalami perkembangan dari 8% kategori tinggi pada awal siklus I menjadi 76% pada akhir siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa model Inquiry Learning yang dipadukan dengan media digital interaktif efektif dalam membangun keterampilan berpikir kritis dan mendukung penguatan dimensi Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini merekomendasikan penerapan model serupa dalam pembelajaran IPAS dan mata pelajaran lainnya sebagai strategi inovatif pembelajaran abad ke-21. Kata kunci: keterampilan bernalar kritis, Inquiry Learning, Educaplay, IPAS, pembelajaran abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...