Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Quasi experimental design Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu kelas 4a, 4b, dan 4c, sedangkan sampelnya kelas 4a dan 4b. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes soal, sedangkan Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis (Uji-t). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia yang dilihat dari uji hipotesis berupa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan thitung 4,580 > 2,024 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Media Animasi, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia
Copyrights © 2025