Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri 68 Palembang

Rahma Moutia Asmini (Unknown)
Farizal Imansyah (Unknown)
Anggria Septiani Mulbasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar matematika pada kelas V SD Negeri 68 Palembang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis quasi experimental design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri 68 Palembang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu kelas VB sebagai kelas kontrol dan kelas VC sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen digunakan untuk mengukur hasil belajar menggunakan soal pretest dan posttest. Uji validitas instrument dengan uji validitas product moment dan uji reabilitas Alpha Cronbach. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas dan homogenitas serta menggunakan uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test. Hail dari penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 68 Palembang yang dapat dilihat dari uji hipotesis berupa nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan thitung 4.463 > 2.018 yang artinya Ho dan Ha diterima

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...