Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara mendalam tentang proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam membentuk sikap toleransi santri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian di pondok pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo dari bulan Januari-Mei 2025. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam membentuk sikap toleransi santri di Pesantren Zainul Hasan Genggong yakni melalui integrasi nilai moderasi beragama dalam kurikulum pendidikan pesantren, pengajian kitab kuning, menerima kunjungan umat agama non-Muslim, KKN (Kuliah Kerja Nyata) bertema moderasi beragama, dan kerja bakti rutin di lingkungan pesantren.
Copyrights © 2025