Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL TERINTEGRASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI IPAS KELAS V.A SDN 55 PALEMBANG

Ervina (Unknown)
Saparini (Unknown)
Mindarti, Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level yang diintegrasikan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas V.A SDN 55 Palembang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik, di mana pada tahap prasiklus hanya 12 dari 30 peserta didik (40%) yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebesar 75. Refleksi awal menunjukkan bahwa permasalahan utama terletak pada pendekatan pembelajaran yang belum sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Melalui tindakan pada siklus I, pendekatan Teaching at the Right Level yang dikombinasikan dengan model Problem Based Learning mulai diterapkan. Hasilnya menunjukkan peningkatan, dengan 23 peserta didik (76,67%) mencapai KKTP, meningkat sebesar 36,67% dari kondisi awal. Namun, hasil tersebut masih dianggap belum optimal sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II, strategi pembelajaran yang sama diterapkan dengan penyempurnaan proses. Hasilnya, terjadi peningkatan lebih lanjut, di mana 27 peserta didik (90%) mencapai KKTP. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Teaching at the Right Level yang terintegrasi dengan model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS di kelas V.A SDN 55 Palembang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...