Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level yang diintegrasikan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas V.A SDN 55 Palembang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik, di mana pada tahap prasiklus hanya 12 dari 30 peserta didik (40%) yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebesar 75. Refleksi awal menunjukkan bahwa permasalahan utama terletak pada pendekatan pembelajaran yang belum sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Melalui tindakan pada siklus I, pendekatan Teaching at the Right Level yang dikombinasikan dengan model Problem Based Learning mulai diterapkan. Hasilnya menunjukkan peningkatan, dengan 23 peserta didik (76,67%) mencapai KKTP, meningkat sebesar 36,67% dari kondisi awal. Namun, hasil tersebut masih dianggap belum optimal sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II, strategi pembelajaran yang sama diterapkan dengan penyempurnaan proses. Hasilnya, terjadi peningkatan lebih lanjut, di mana 27 peserta didik (90%) mencapai KKTP. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Teaching at the Right Level yang terintegrasi dengan model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS di kelas V.A SDN 55 Palembang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025