Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

PENERAPAN MODEL TWO STAY TWO STRAY DENGAN BANTUAN MEDIA APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 1 SOKAWERA

shafa, imtinan dhiya (Unknown)
Pamujo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini berdasar dari rendahnya tingkat keaktifan serta prestasi belajar matematika siswa di sekolah dasar, sehingga perlu adanya perbaikan pembelajaran melalui model penerapan serta media pembelajaran secara inovatif. Adapun alternatif model yang dianggap efektif meningkatkan permasalahan tersebut yaitu model Two Stay Two Stray (TSTS) yang dibantu media GeoGebra . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model TSTS dengan bantuan media GeoGebra mampu meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika kelas V SD Negeri 1 Sokawera. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart dengan instrumen berupa lembar pengamatan dan soal tes. Untuk subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri I Sokawera dengan jumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data diketahui bahwa penggunaan model TSTS dibantu media GeoGebra mampu mengoptimalkan keaktifan dan prestasi belajar. Keaktifan siswa meningkat 11% dari rata-rata keaktifan siklus I 2,46 meningkat di siklus II menjadi 2,90 dan disertai dengan adanya jumlah siswa kelas V yang meningkat memperoleh keaktifan dengan kriteria baik atau sangat baik di siklus I dengan persentase 40% meningkat di siklus II dengan persentase 75%. Hasil prestasi belajar dengan KKTP 65, diperoleh peningkatan sebesar 30% dari rata-rata siklus I 64,45 meningkat di siklus II memperoleh 74,5. Persentase ketuntasan klasikal siklus I adalah 50% termasuk kriteria kurang baik dan siklus II meningkat mencapai 80% memperoleh kriteria sangat baik. Hal tersebut membuktikan bahwa keaktifan dan prestasi belajar pada matematika siswa kelas V terbukti dapat melalui peningkatan penerapan model TSTS dengan bantuan media GeoGebra .

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...