Kemampuan berbicara merupakan keterampilan yang penting untuk dikuasai oleh setiap anak. Namun, masih banyak anak yang belum dapat berbicara dengan baik. Oleh karena itu, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran yang sangat penting dalam memfasilitasi pembelajaran anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan public speaking terhadap peningkatan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK ABA Boronguntia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental. Populasi penelitian terdiri dari 20 anak usia 5-6 tahun, dengan teknik sampling jenuh, sehingga sampel yang digunakan adalah 10 anak pada kelas eksperimen dan 10 anak pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan non-parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan public speaking yang dilakukan dengan metode bermain peran (role play) dan show and tell berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berbicara anak. Hal ini terbukti dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.004 pada kelas eksperimen. Speaking ability is an important skill to be mastered by every child. However, there are still many children who cannot speak well. Therefore, Early Childhood Education (PAUD) has a very important role in facilitating children's learning. This study aims to determine the effect of public speaking activities on improving the speaking ability of children aged 5-6 years at ABA Boronguntia Kindergarten. This study uses a quantitative approach with a quasi-experimental research design. The study population consisted of 20 children aged 5-6 years, with a saturated sampling technique. Hence, the samples used were 10 children in the experimental class and 10 children in the control class. Data collection techniques were carried out through observation, testing, and documentation. The data obtained were analyzed using descriptive and non-parametric statistical analysis. The results of the study showed that public speaking activities carried out using the role-play and show-and-tell methods had a significant effect on improving children's speaking ability. This is evidenced by the Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.004 value in the experimental class.
Copyrights © 2025