Abstrak: Validitas butir soal merupakan aspek krusial dalam evaluasi pembelajaran karena menentukan sejauh mana suatu instrumen dapat mengukur kompetensi yang diharapkan. Akan tetapi, masih banyak butir soal yang digunakan tanpa analisis validitas yang memadai, termasuk pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas butir soal pilihan ganda PAI dengan menggunakan teknik korelasi point-biserial. Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode simulasi digunakan untuk menganalisis sepuluh butir soal berdasarkan data hipotetis dari sepuluh siswa. Teknik korelasi point-biserial digunakan untuk mengukur hubungan antara skor setiap butir soal dengan skor total tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa lima dari sepuluh butir soal memiliki validitas yang tinggi, dengan koefisien korelasi yang melebihi nilai kritis. Sebagai perbandingan, lima butir soal lainnya tidak valid karena koefisien korelasi yang rendah. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua butir soal yang disusun secara teknis secara otomatis memiliki validitas yang baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025