Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 5, No 2 (2025)

STRATEGI DAN TANTANGAN MENINGKATKAN DAYA SAING EKSPOR INDONESIA DI TENGAH DOMINASI E-COMMERCE CHINA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Aulia, Mazaya (Unknown)
Octavia, Anisa Triana (Unknown)
Nuriansyah, Fazar (Unknown)
Hakam, Lazuardi Imani (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi dan tantangan ekspor Indonesia dalam menghadapi dominasi e-commerce China. Penelitian menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR), yang didasarkan pada kerangka kerja Porter's Competitive Advantage. Pendekatan ini menggunakan analisis data yang didasarkan pada model Diamond Porter, yang mencakup empat komponen utama, yaitu: faktor kondisi, kondisi permintaan, industri pendukung, strategi dan sumber daya. Hasil penelitian, yang didasarkan pada kriteria inklusi dan eksklusi berdasarkan kerangka PRISMA. Menurut hasil penelitian, Indonesia memiliki potensi besar untuk meningkatkan ekspornya dengan menggunakan e-commerce. Namun dominasi e-commerce China di pasar Asia Tenggara, Indonesia masih menghadapi sejumlah tantangan, seperti infrastruktur logistik yang tidak ideal, konektivitas internet yang tidak merata, dan keterbatasan kesiapan pelaku usaha, terutama UMKM. Untuk menghadapi perubahan ini memerlukan peningkatan kualitas produk dan layanan, penguatan infrastruktur digital, harmonisasi regulasi perdagangan elektronik, dan kerja sama antar-pemangku kepentingan.

Copyrights © 2025