Jurnal Profesi Kependidikan
Vol 6, No 1 APR (2025): Jurnal Profesi Kependidikan

Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Kelas l SD Negeri 3 Rejomulyo

Andhini, Widia (Unknown)
Fuadah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas, khususnya pada tema Hidup Rukun, siswa kurang berani untuk bertanya dan lebih pasif. Siswa kurang tertarik dengan Pelajaran yang saya ajarkan khususnya Pelajaran Bahasa Indonesia. materi hidup rukun dirumah. dan kegunanya untuk membantu peserta didik dalam memahami nilai-nilai kehidupan yang rukun, penuh hormat dan saling menghargai disaat ini. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas II dengan menggunakan media bergambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus, Penelitian perbaikan pembelajaran yaitu siklus 1 dan siklus 2. Pada tahap pra siklus presentase ketuntasan hanya 38%, pada setiap siklus terdiri dari tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaaan, pengamatan, dan refleksi.Dalam satu siklus dan siklus kedua didapati peningkatan yang sangat baik, dengan presentase siklus pertama (72%) meningkat di siklus kedua sebesar (100%). Sehingga menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025