Studi awal menemukan fenomena bahwa kemampuan komunikasi siswa masih lemah. Fenomena tersebut terlihat dari kelemahan siswa dalam menyampaikan pesan dengan jelas, kurang fokus dalam menyimak/ mendengarkan penjelasan guru, dan kurang memberikan umpan balik. Tujuanipenelitian ini adalahiuntuk menganalisisiketerampilan komunikasiisiswa kelas X di MAN 1 Kerinci melalui penerapan metode diskusi.Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan desain kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan wawancara yang melibatkan 140 siswa kelas X MAN 1 Kerinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan keterampilan komunikasi pada indikator menyampaikan pesan yang jelas dengan presentase 65% dengan kriteria baik. Dapat meningkatkan keterampilan komunikasi pada indikator mendengarkan dengan persentase 61,4% dengan kriteria baik. Dapat meningkatkan keterampilan komunikasi pada indikator mendengarkan dan mendapatkan umpan balik dengan presentase 62,9% dengan kriteria baik. Dapat meningkatkan keterampilan komunikasi pada indikator menangani interaksi emosional dengan persentase 57,9% dengan kriteria baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa dalam pembelajaran Biologi.
Copyrights © 2025