Permasalahan utama dalam penelitianiini adalah untuk melihat tingkat kemampuan keterampilan proses sains siswa pada penerapan praktikum di kelas X di SMA Negeri 6 Kerinci. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis analisis keterampilan proses sains pada penerapan praktikum pada siswa kelas X SMAN 6 Kerinci. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitati dengan pendekatan analisys deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah kelas X SMAN 6 Kerinci yang berjumlah 160 siswa.Hasil penelitian menjelaskan bahwa keterampilan prosesisains pada penerapan metode praktikumiBiologi pada siswa kelas X SMAN 6 Kerinci dapat dikelompokkan pada sebanyak 15,41% siswa dengan kemampuan prosesisains dengan kriteria sangat tinggi, sebanyak 61,40% dengan kemampuan proses sains dengan kriteria tinggi, sebanyak 19,82% dengan kemampuan proses sains dengan kriteria cukup tinggi, sebanyak 4,41% dengan kemampuan proses sains dengan kriteria rendah, dan sebanyak 0,80% dengan kemampuan proses sains dengan kriteria sangat rendah. Sedangkan beberapa indikator keterampilaniproses sains siswa kelas X SMAN 6 Kerinci yang tertinggi terdapatpada indikator mengkomunikasiihasil praktikumidi depan kelas sebesar 66,9%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025