Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku konsumtif masyarakat Kelurahan Tanah Tinggi, Jakarta Pusat dalam menggunakan Shopee PayLater serta alasan masyarakat memilih metode pembayaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap enam informan yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Shopee PayLater mendorong terjadinya perilaku konsumtif yang ditunjukkan dengan pembelian impulsif karena iming-iming promo, harga murah, kemasan menarik, dan keinginan untuk menjaga gengsi serta simbol status. Kemudahan penggunaan, manfaat praktis, dan intensitas penggunaan yang tinggi menjadi faktor dominan masyarakat memilih Shopee PayLater. Penggunaan yang tidak terkontrol berpotensi menyebabkan ketergantungan dan masalah keuangan. Penelitian ini diharapkan menjadi bahan refleksi bagi masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan layanan kredit digital serta mampu mengendalikan pola belanja konsumtif.
Copyrights © 2025