Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh Komunitas Jakarta Mengabdi dalam menumbuhkan rasa ingin tahu anak terhadap pengetahuan melalui program edukasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunitas ini menerapkan strategi yang menyeluruh, meliputi corporate strategy (strategi organisasi), program strategy (strategi program), resource support strategy (strategi pendukung sumber daya), dan institutional strategy (strategi kelembagaan). Pendekatan pembelajaran kontekstual seperti experiential learning, community-based learning, dan problem-based learning menjadi kunci untuk menumbuhkan rasa ingin tahu anak. Selain itu, teori Self-Determination digunakan untuk mendorong motivasi intrinsik anak melalui lingkungan belajar yang aman dan suportif. Keberhasilan strategi ini tidak hanya terletak pada isi program, tetapi juga pada sinergi antar relawan, dukungan sumber daya, serta keberlanjutan struktur organisasi. Dengan demikian, strategi yang diterapkan oleh Komunitas Jakarta Mengabdi memberikan kontribusi nyata dalam membangun pendidikan nonfromal berbasis komunitas dalam menumbuhkan rasa ingin tahu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025