Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 2 No. 3 (2025): JUNI-JULI 2025

ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PADA MATERI TEOREMA STOKES PADA MATA KULIAH KALKULUS VEKTOR

Suci Dahlya Narpila (Unknown)
Rizki Adinda Azhar Tanjung (Unknown)
Cindy Mei Yana Munthe (Unknown)
Zaidan Rafif (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dialami mahasiswa dalam memahami dan menerapkan Teorema Stokes pada mata kuliah Kalkulus Vektor. Teorema Stokes merupakan konsep lanjutan dalam kalkulus yang memerlukan pemahaman mendalam tentang integral garis, integral permukaan, serta kemampuan visualisasi spasial dalam ruang tiga dimensi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan tiga mahasiswa yang telah mempelajari materi Teorema Stokes. Data dikumpulkan melalui wawancara terbuka dan dianalisis untuk mengidentifikasi pola pemahaman, kesulitan yang dihadapi, serta strategi belajar yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan utama mahasiswa terletak pada proses parametrisasi permukaan dan penerapan orientasi kurva berdasarkan aturan tangan kanan. Selain itu, lemahnya pemahaman terhadap makna konseptual integral permukaan turut menjadi kendala. Meskipun demikian, penggunaan media visual seperti simulasi tiga dimensi, latihan soal kontekstual, diskusi kelompok, serta sumber belajar tambahan secara signifikan membantu meningkatkan pemahaman mahasiswa. Penelitian ini merekomendasikan penerapan pendekatan pembelajaran interaktif berbasis visual untuk menjembatani pemahaman konseptual dan aplikatif mahasiswa terhadap materi Teorema Stokes.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...