Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 2 No. 3 (2025): JUNI-JULI 2025

ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP DASAR MEDAN VEKTOR, OPERATOR DEL, GRADIEN DAN TURUNAN BERARAH

Nur Haniyah (Unknown)
Khairana Tantri (Unknown)
Ira Ramadhani (Unknown)
Suci Dahlya Narpila (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan mahasiswa dalam memahami konsep dasar medan vektor, operator del (∇), gradien, dan turunan berarah dalam mata kuliah Kalkulus Vektor. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara terhadap mahasiswa program studi Pendidikan Matematika yang telah mengikuti perkuliahan materi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami simbol ∇ karena penggunaannya yang kompleks dalam berbagai konteks seperti gradien, divergensi, dan curl. Selain itu, ditemukan pula kebingungan dalam membedakan konsep gradien dan turunan berarah, serta kesalahan prosedural dalam menghitung turunan berarah. Kesulitan ini berasal dari kurangnya pemahaman konseptual, minimnya visualisasi, dan keterbatasan strategi belajar. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual dan adaptif, seperti metode pemecahan masalah atau pembelajaran berbasis proyek, guna memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep abstrak dalam kalkulus vektor.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...