Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Quizizz untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekert di SMPTI Al-Hidayah Kutorejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan bentuk desain Pre-Experimental dengan pola One-Group Pretest-Posttest. Instrumen tes yang digunakan adalah soal pilihan ganda yang telah melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII di SMPTI Al-Hidayah Kutorejo dengan jumlah 30 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik probability sampling dengan jenis Simple Random Sampling. Pengambilan data dengan cara observasi, dokumentasi serta tes dengan memberikan pretest sebelum diberi perlakuan terhadap kelas yang akan dieksperimen dan memberikan posttest setelah diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Quizizz lalu dilakukan uji paired sample T-Test dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dilihat dari nilai rata-rata pretest sebelum diberikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Quizizz dan nilai rata-rata posttest setelah diberikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Quizizz di kelas VIII SMPTI Al-Hidayah Kutorejo pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Hal ini berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji paired simple T-Test menunjukkan thitung > ttabel yaitu 5.373 > 2,045 serta hasil yang signifikan dipeloreh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 > 0,05. Yang berarti HO ditolak dan Ha diterima.
Copyrights © 2025