Jurnal Signal
Vol 13 No 1 (2025): JURNAL SIGNAL

KOMODITFIKASI AUDIENS DALAM INDUSTRI BISNIS MEDIA: STUDI KASUS ARDAN SCHOOL SEBAGAI EKONOMI POLITIK MEDIA ARDAN RADIO BANDUNG

Gissani, Muhammad Fikri (Unknown)
Yulianita, Neni (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi proses transformasi khalayak menjadi konsumen dalam program Ardan School, sebuah inisiatif strategis dari Ardan Radio Bandung. Menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini mengkaji komodifikasi khalayak terhadap identitas dan pengalaman mendengarkan khalayak. Penelitian ini mengungkap bahwa Ardan Radio tidak hanya menjangkau pendengar, tetapi melibatkan mereka secara aktif dalam ekosistem bisnis stasiun untuk membangun loyalitas khalayak dan mengonversi mereka menjadi pelanggan produk atau layanan yang diiklankan. Menggunakan program Ardan School untuk membangun engagement dengan target pasarnya, yaitu para pelajar. Hal ini terkait dengan penguatan brand yang dilakukan oleh radio Ardan sebagai nilai komersial dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki mulai dari program dan penyiar, hingga mengeksploitasi penyiar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat praktik komodifikasi khalayak yang dilakukan oleh radio Ardan dengan memanfaatkan target pasar sebagai sebagai bentuk penguatan positioning yang dilakukan oleh radio Ardan dengan memanfaatkan engagement terhadap khalayak melalui program Ardan School.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Signal

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

URNAL SIGNAL diterbitkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Swadaya Gunung Jati. JURNAL SIGNAL tujuannya merupakan kumpulan karya tulis ilmiah hasil riset maupun konseptual bidang Ilmu Komunikasi dengan ruang lingkup Public Relations, Manajemen Komunikasi, ...