Jurnal Signal
Vol 13 No 1 (2025): JURNAL SIGNAL

STRATEGI KREATIF IKLAN AQUA VERSI “BUTUH LIBURAN? BELI #AQUADULU”

Ahmad, Entus Nuryana (Unknown)
Hana Siregar, Marakhilda Namora (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Strategi kreatif sangat penting untuk periklanan. Ini menarik perhatian audiens yang lebih besar dan membantu merek membedakan diri dari pesaing. Kemampuan untuk menghasilkan ide kreatif adalah salah satu karakteristik strategi kreatif. Ini biasanya menggunakan metode yang tidak biasa untuk menyampaikan pesan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana elemen semiotik dalam iklan berkontribusi pada strategi kreatif untuk pesan iklan. Dalam penelitian ini, peneliti akan memfokuskan analisis semiotika pada strategi kreatif pesan iklan Aqua versi “Butuh Liburan? Beli #AQUADulu”, yang menggunakan selebriti atau tokoh terkenal, serta sisi komersial iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan semiotika Pierce yang berusaha melihat tanda (representament) sebagai bagian integral dari objek referensinya dan pemahaman subjek tentang tanda (interpretant). Model triadik Pierce menunjukkan tiga komponen utama yang membentuk tanda: representamen, objek, dan interpretan. Hasil penelitian menunjukkan Ironi dan komedi menjadi bagian penting dari strategi iklan kreatif karena membantu membuat pesan yang ringan dan mudah diingat. Penelitian ini juga menemukan bahwa iklan ini terkait dengan budaya lokal Indonesia karena mencerminkan nilai kebersamaan, penerimaan apa adanya, dan penggunaan humor sebagai cara untuk mengatasi tantangan. pendekatan iklan ini berhasil menciptakan ikatan emosional yang mendalam dengan audiens dengan menggunakan tanda-tanda yang relevan, narasi yang kuat, dan elemen budaya lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Signal

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

URNAL SIGNAL diterbitkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Swadaya Gunung Jati. JURNAL SIGNAL tujuannya merupakan kumpulan karya tulis ilmiah hasil riset maupun konseptual bidang Ilmu Komunikasi dengan ruang lingkup Public Relations, Manajemen Komunikasi, ...