Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya konsentrasi belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya kesiapan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesiapan belajar, mendeskripsikan konsentrasi belajar dan menganalisis hubungan kesiapan belajar dengan konsentrasi belajar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas XII Kuliner di SMKN 3 Kota Solok pada tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 61 orang. Teknik samping yang digunakan adalah sampling total. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket melalui google form dengan menggunakan skala likert yang telah teruji valid dan reliabilitas. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan belajar siswa kelas XII kuliner secara keseluruhan dalam kategori sedang dengan presentase 37.3%, konsentrasi belajar dalam kategori sedang dengan presentase 45.9% .Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara Kesiapan Belajar dengan Konsentrasi Belajar siswa kelas XII Kuliner di SMKN 3 Kota Solok.
Copyrights © 2025