Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 2 (2025): Volume 8 No. 2 Tahun 2025

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD INPRES PACCERAKKANG MAKASSAR

Azisah, Nur (Unknown)
Maruf, Maruf (Unknown)
Nurfadilah, Nurfadilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran interaktif berbasi Quizizz terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Inpres Paccerakkang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif dan model One Group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV.A SD Inpres Paccerakkang berjumlah 29 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 33 nomor, yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Data di analisis secara deskriptif dan menggunakan uji normalized gain (N-Gain) untuk mengukur peningkatan hasil belajar. Hasil pretest menunjukkan rata-rata nilai siswa sebesar 60.66 sedangkan hasil posttest meningkat menjadi 86.97. Nilai rata-rata N-gain sebesar 0.68 berada pada kategori sedang, yang menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah menggunakan media Quizizz. Selain itu, 93% siswa mencapai nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) setelah perlakuan, meningkat dari hanya 17% pada tahap awal. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaraninteraktif berbasis Quizizz efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...