Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran interaktif berbasi Quizizz terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Inpres Paccerakkang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif dan model One Group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV.A SD Inpres Paccerakkang berjumlah 29 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 33 nomor, yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Data di analisis secara deskriptif dan menggunakan uji normalized gain (N-Gain) untuk mengukur peningkatan hasil belajar. Hasil pretest menunjukkan rata-rata nilai siswa sebesar 60.66 sedangkan hasil posttest meningkat menjadi 86.97. Nilai rata-rata N-gain sebesar 0.68 berada pada kategori sedang, yang menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah menggunakan media Quizizz. Selain itu, 93% siswa mencapai nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) setelah perlakuan, meningkat dari hanya 17% pada tahap awal. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaraninteraktif berbasis Quizizz efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa.
Copyrights © 2025