Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS) pada Perpustakaan SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki terhadap kualtias layanan berdasarkan metode servquaL. Penelitian ini juga sebagai sumber informasi dalam menyelesaikan tugas akademik mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini kuantitatif dan menggunakan metode deskriptif. Hal ini dikarenakan data dalam penelitian ini berupa angka, yaitu pengukuran skor berupa gap (kesenjangan) antara persepsi dengan harapan pemustaka mengenai kualitas layanan perpustakaan. Skor tersebut didapatkan dari data kusioner yang diperoleh melalui responden yaitu siswa dan dilakukan pengujian menggunakan teori atau metode, dalam penelitian ini menggunakan metode servqual. Hasil penelitrian ini menunjukkan bahwa tanggapan dan persepsi pengguna atau pemustaka memberikan penilaian yang kurang baik terhadap kualitas layanan Perpustakaan SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki selaku penyedia layanan SLiMS, sehingga perlu dilakukan perbaikan kualitas layanan. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil analisis gap (kesenjangan) dimana ada empat variabel yang memiliki gap (kesenjangan) yang bernilai negatif, sedangkan yang bernilai positif hanya ada satu variabel
Copyrights © 2025