Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 2 (2025): Mei - Juli

Peran Komunitas Online dalam Membentuk Loyalitas Merek: Sebuah Analisis Tematik Interaksi Konsumen di Media Sosial

Kusumaningrum, Retno Ayu (Unknown)
Nur, Indrayani (Unknown)
Nurhidayanti, Nurhidayanti (Unknown)
Galib, Mukhtar (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2025

Abstract

Implementasi kecerdasan buatan (AI) telah merevolusi sektor keuangan, khususnya dalam pengambilan keputusan investasi, Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana komunitas online di media sosial berkontribusi dalam membentuk loyalitas merek. Menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis tematik, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi interaksi di komunitas daring yang terkait dengan merek tertentu. Hasil penelitian mengungkapkan empat tema utama yang membentuk loyalitas merek, yaitu: rasa memiliki, advokasi merek, keterlibatan emosional, dan pemberdayaan informasi. Temuan ini menunjukkan bahwa interaksi sosial dalam komunitas online membangun keterikatan yang bersifat emosional dan kolektif, yang pada gilirannya memperkuat loyalitas konsumen terhadap merek. Studi ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang dinamika hubungan konsumen dan merek dalam lingkungan digital, serta menyarankan pentingnya pengelolaan komunitas sebagai strategi jangka panjang dalam membangun loyalitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...