Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi manajemen pameran desain grafis berbasis Project Based Learning pada mata kuliah Desain Media dan Pamer Pajang. Penerapan Project Based Learning memberikan pengalaman belajar yang kontekstual dan kolaboratif bagi mahasiswa dalam menyelenggarakan pameran sebagai bentuk praktik langsung dari proses perkuliahan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mampu mengelola setiap tahapan kegiatan pameran, mulai dari perencanaan, pembentukan tim kerja, penyusunan anggaran, komunikasi publik, hingga evaluasi dan pelaporan. Tantangan yang dihadapi mencakup keterbatasan sumber daya, koordinasi tim, serta kemampuan teknis. Namun, melalui bimbingan dosen, refleksi kolektif, dan strategi pemecahan masalah, mahasiswa berhasil menghasilkan pameran yang tidak hanya layak apresiasi, tetapi juga membuka peluang ekonomi kreatif melalui publikasi digital dan transaksi karya. Kesimpulannya, PjBL dalam konteks manajemen pameran terbukti efektif dalam membentuk keterampilan profesional, pemikiran kritis, dan daya saing mahasiswa dalam industri desain grafis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025