Perkembangan teknologi komputerisasi telah menghadirkan inovasi di bidang keuangan yang disebut dengan Fintech (Financial Technology). Kegiatan transaksi keuangan yang dulunya harus menggunakan berupa uang cash dan bertatap muka, namun saat ini dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk bertransaksi jarak jauh dengan melakukan pembayaran digital yang jauh lebih praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan dan keamanan terhadap keputusan penggunaan e-wallet pada mahasiswa ekonomi syariah di Universitas Siliwangi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis data primer. Populasi dari penelitian ini yaitu mahasiswa ekonomi syariah di Universitas Siliwangi. Sampel penelitian ini sebanyak 221 responden. teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data, yang kemudian dianalisis menggunakan software SPSS versi 29 dengan teknik analisis data seperti uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan persepsi kemudahan memiliki pengaruh sebesar 41,6% dan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan e-wallet, persepsi keamanan memiliki pengaruh sebesar 23,9% dan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan e-wallet, Jadi secara bersama-sama persepsi kemudahan dan keamanan memiliki pengaruh sebesar 27,6% dan secara stimultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan e-wallet.
Copyrights © 2025