Jurnal Hamka ilmu pendidikan islam
Vol. 4 No. 02 (2024): edisi Desember 2024

Hubungan Antara Ilmu Mantiq dan Ilmu Ushul Fiqh: Fondasi Logis dalam Penetapan Hukum Islam.

Shoumi, Nurul Zahida (Unknown)
Faizah, Anisah Nur (Unknown)
Luthfi, Hafizhah Khairunnisa (Unknown)
Fitri, Mys Jeni Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji hubungan antara ilmu Mantiq (logika) dan ilmu Ushul Fiqh sebagai dua disiplin ilmu yang saling melengkapi dalam metodologi penetapan hukum Islam. Ilmu Mantiq berperan sebagai alat berpikir sistematis dan logis yang menjaga konsistensi dan validitas penalaran, sedangkan Ushul Fiqh berfokus pada metodologi penggalian hukum syariah dari dalil-dalil Al-Quran dan Hadits. Melalui pendekatan kualitatif dengan studi literatur, penelitian ini menelaah kaidah-kaidah dasar kedua ilmu tersebut dan bagaimana integrasi prinsip-prinsip logika, seperti silogisme dan deduksi, memperkuat proses ijtihad dan qiyas dalam Ushul Fiqh. Hasil kajian menunjukkan bahwa penguasaan ilmu Mantiq sangat penting bagi para ulama untuk menyusun argumen hukum yang koheren, menghindari kesalahan berpikir, dan menjaga relevansi hukum Islam dalam konteks modern. Integrasi ilmu Mantiq dan Ushul Fiqh tidak hanya memperdalam pemahaman hukum Islam tetapi juga menjamin validitas dan aplikabilitasnya dalam kehidupan kontemporer. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan urgensi pembelajaran ilmu Mantiq bagi para pelajar syariah sebagai fondasi berpikir kritis dalam memahami dan merumuskan hukum Islam secara tepat.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hamka

Publisher

Subject

Arts Humanities Neuroscience Social Sciences Other

Description

HAMKA Journal of Educational Sciences (E-ISSN 2829-8705) is a quality open access peer-reviewed research journal published by The STIT Internasional Muhammadiyah Batam Indonesia. The focus and scope of this journal are on Early Childhood Islamic Education, and Arabic Language Education. Jurnal Hamka ...