Penelitian ini mengkaji tentang kinerja guru SMA Daarul Aitam Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja dan subjective well-being berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini kuantitatif deskriptif, populasi dalam penelitian sebanyak 41 orang, metode penarikan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh (sensus), pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Analisis data yang dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinieritas, heteroskedatisitas. Teknik analisis dengan menggunakan persamaan regresi linear berganda, kemudian dilakukan uji t dan uji F dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 26 dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Penelitian, menghasilkan uji t membuktikan secara parsial, variabel kepuasan kerja memiliki thitung 7.638 > ttabel 2.024 dengan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05, dan variabel subjective well-being memiliki nilai thitung 2.523 > ttabel 2.024 dengan nilai signifikansinya 0,016 < 0,05. Kedua variabel tersebut berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung 94.007 > Ftabel 3.24 dan tingkat signifikansinya 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa kedua variabel secara simultan mempengaruhi kinerja guru. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,896 sedangkan koefisien determinasi 83,2% yang artinya variasi kinerja guru dapat dijelaskan oleh kepuasan kerja dan subjective well-being, sementara 16,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Copyrights © 2025