Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 6 (2025): JUNI 2025

Efektivitas Media Interaktif Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Bahasa Inggris

Nur Wahyuni (Unknown)
Indah Afrianti (Unknown)
Vatimah Vatimah (Unknown)
Isratul Aini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media interaktif berbasis teknologi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Permasalahan rendahnya minat dan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris menuntut pendidik untuk menghadirkan metode dan media pembelajaran yang menarik. Media interaktif berbasis teknologi seperti video pembelajaran, aplikasi edukatif, dan permainan digital dapat menjadi solusi yang tepat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental design). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif mampu meningkatkan pemahaman dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Hal ini terlihat dari peningkatan signifikan pada nilai hasil belajar siswa setelah diterapkannya media interaktif. Dengan demikian, media interaktif berbasis teknologi terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di tingkat Sekolah Dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...