Jurnal Akuntansi Muhammadiyah
Vol 1, No 1 (2024): Vol 14, No 1 (2024): Edisi Januari-Juni 2024

ANALISIS PERSEPSI NASABAH TERHADAP LAYANAN ACTION (ACEH TRANSAKSI ONLINE) PADA PT. BANK ACEH SYARIAH BANDA ACEH

Ridla, Ismail Rasyid (Unknown)
Nabila, Rifa (Unknown)
Yulindawati, Yulindawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2025

Abstract

Industri perbankan syariah di Indonesia semakin berkembang seiring dengan pertumbuhan ekonomi negara. Teknologi berkembang sangat pesat dan semakin modern, perusahaan juga banyak mengembangkan kinerjanya, seperti dalam sektor informasi dan sektor inilah yang membuat perbankan menjadi teradopsi, salah satunya layanan dalam jasa perbankan yang menggunakan smartphone yaitu Mobile Banking. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja persepsi nasabah terhadap layanan Action (Aceh Transaksi Online) pada Bank Aceh Syariah cabang Banda Aceh, dan untuk mengetahui dampak kualitas layanan terhadap persepsi nasabah dalam menggunakan M-Banking Action pada Bank Aceh Syariah cabang Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif sebagai pendekatan penelitian dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi nasabah terhadap layanan Action sudah bernilai baik bagi banyak nasabah yang memberikan persepsinya karena M-Banking Action bermanfaat dan mempermudah nasabah dalam bertransaksi dibandingkan dengan persepsi tidak baik yang hanya dinyatakan beberapa nasabah saja karena fitur yang terdapat dalam Action masih kurang lengkap. Kualitas layanan juga berdampak terhadap persepsi nasabah dalam menggunakan M-Banking Action, karena masih ada beberapa nasabah yang masih kurang yakin dalam menggunakan Action jika layanan yang diberikan buruk dan masih ada yang merasa kurang aman dalam menggunakan aplikasi Action. Kata Kunci: Persepsi, Kualitas Layanan, Mobile Banking Action

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JAM

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JAM: JURNAL AKUNTANSI Muhammadiyah diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) secara berkala dua Edisi dalam setahun yaitu Edisi Januari-Juni dan Edisi Juli-Desember. JURNAL AKUNTANSI MUHAMMADIYAH adalah untuk menyebar luaskan informasi hasil karya tulis ilmiah kepada ...