Pelaksanaan penelitian ini diarahkan untuk peningkatan pemahaman siswa tentang Pendidikan Pancasila di kelas V yang kurang memahami materi bentuk norma-norma dalam masyarakat dengan menggunakan media pembelajaran visualisasi konkret seperti “Ular Tangga” di kembangkan dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan. Penelitian tindakan kelas kolaboratif digunakan dalam penelitian ini, yang melibatkan pendidik serta peneliti selama pembelajaran. Guru akan mengumpulkan data yang diperlukan dengan mengawasi praktik mengajar peneliti. "Ular Tangga" adalah solusi yang lebih baik untuk masalah siswa yang tidak memahami materi bentuk norma-norma dalam masyarakat. Pada siklus I, nilai siswa 38,89% berada dalam kategori sangat baik, 27,78% berada dalam kategori baik, 22,22% berada dalam kategori cukup baik, dan 11,11% berada dalam kategori kurang baik. Pada siklus kedua, ketika media pembelajaran "Ular Tangga" digunakan, nilai siswa adalah 77,78% dalam kategori terbaik dan 22,22% dalam kategori baik. Tidak ada siswa yang gagal mencapai KKTP. Tidak ada lagi siswa yang belum tuntas KKTP, dari 2 anak sebelumnya. Media pembelajaran sangat penting untuk mendukung pemahaman siswa tentang materi bentuk norma-norma dalam masyarakat. Mereka tidak hanya bergantung pada metode ceramah yang membosankan, tetapi juga memiliki kegiatan yang meningkatkan partisipasi aktif siswa dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Jadi menggunakan "Ular Tangga", siswa akan memiliki pengalaman baru dan pembelajaran baru. Artikel ini akan mengajarkan peneliti dan pembaca bagaimana membuat media pembelajaran yang lebih inovatif untuk mendukung pembelajaran yang dimaksudkan untuk meningkatkan prestasi akademik siswa.
Copyrights © 2025