Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5, No 2 (2025): Juli

Pengaruh Model Game Based Learning Berbasis Role Playing Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Harfiah, Harfiah (Unknown)
Khaerunnisa, Khaerunnisa (Unknown)
Yusuf, Faidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi rendahnya motivasi belajar siswa, ditandai dengan kurang semangat dalam mengikuti pelajaran, rasa bosan, minimnya partisipasi aktif, dan cenderung pasif selama proses pembelajaran. Sebagian besar guru juga masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang kurang menarik bagi siswa, serta jarang memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif. . Pendekatan eksperimen kuantitatif digunakan untuk menguji pengaruh model game based learning berbasis role playing terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Maradekaya 2 Kota Makassar. Desain penelitian menggunakan Pre-Eksperimental Design dengan One group pretest-posttest. Seluruh 21 siswa kelas V menjadi sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan statistik inferensial menggunakan SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor observasi guru dan siswa dari kategori baik menjadi sangat baik setelah penerapan model tersebut. Motivasi belajar siswa juga meningkat, ditunjukkan oleh lebih banyak siswa yang mencapai kategori sedang dan tinggi setelah perlakuan. Hasil uji hipotesis menunjukkan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah penerapan model tersebut. Dapat disimpulkan bahwa model game based learning berbasis role playing efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Maradekaya 2 Kota Makassar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...