Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5, No 2 (2025): Juli

Peningkatan Kemampuan Pemahaman Siswa Kelas VI Menggunakan Model Pembelajaran Literature Circle

Irmayanti, Irmayanti (Unknown)
Hotimah, Hotimah (Unknown)
Yusuf, Halmiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dengan menerapkan model pembelajaran Literature Circle. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa yang memiliki kemampuan pemahamanyang rendah. Kemampuan pemahaman dan pemahaman yang rendah menyebabkan rendahnya hasil belajar pula. Didapatkan rata-rata hasil belajar 18 siswa belum mencapai nilai SKBM. Adapun SKBM yang ditetapkan yaitu 75. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini digunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri empat kegiatan yaitu kondensasi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran literature cicle terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa di kelas VI UPT SD Inpres 5/81 Tibojong Kabupaten Bone.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...