Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5, No 2 (2025): Juli

Penerapan Model Pembelajaran PJBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV

Pakiding, Nelvi (Unknown)
Ihsan, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang ada di kelas IV. Beranjak dari permasalahan tersebut sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran (PjBL) pada Mata pelajaran Matematika Materi Bangun datar Siswa Kelas IV SDN 38 Bora. Dan apakah penerapan model pembelajaran (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika Materi Bangun datar Siswa Kelas IV. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran (PjBL) dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika Materi Bangun datar Siswa Kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Selanjutnya data diolah menggunakan teknik analisi data. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I Hasil penelitian pada proses pembelajaran berada di kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada dikualifikasi kurang (C). Sedangkan paada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada dikualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada dikualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika materi bangun datar Siswa Kelas IV SDN 38 Bora

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...